Koneksi Antar Materi 3.1



Dilema akan selalu ada dalam perjalanan hidup. Termasuk dalam menjalankan profesi sebagai guru. Sebagai tenaga profesional guru selalu dihadapkan dengan berbagai persoalan. Persoalan itu sarat dengan dilema.

Mengambil sebuah keputsan tepat tak mudah. Harus mempertimbangkan berbagai aspek yang mempengaruhinya. Memberikan hukuman kepada murid adalah sebuah contoh keputusan yang sulit. Murid yang melanggar aturan harus di tindak. Tindakan yang diambil haruslah terukur, jangan sampai jadi sebuah kesalahan fatal.

Keputusan dalam sebuah dilema harus dilatih untuk dibiasakan. Mengapa itu harus dibiasakan, karena memutuskan masalah harus terus dilakukan selama hayat masih dikandung badan. Kaitan menhukum atau memberi sanksi kepada murid yang melanggar adalah sebuah dilema. Satu sisi kesabaran kita diuji, sisi lain guru harus mendisiplinkan muridnya agar berhasil dalam pembelajaran.

Melakukan coaching kepada murid yang melanggar tatatertib adalah bisa jadi pilihan. Coaching bisa merubah ketidak disiplinana siswa. Yang penting dilakukan dengan cara yang tepat.

Ada korelasi antara materi 2.3 dengan materi 3.1. Dilema etika yang dihadapi bisa di selesaikan dengam proses coacing yang dilakukan oleh guru. Coaching adalah proses keluar dari masalah dengan cara memanfaatkan kekuatan yang dimiliki coachee.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kolak Ramadhan

Kembali Menanyai

Bertani Dimasa Pandemi